Langsung ke konten utama

SEJARAH SINGKAT NILAI PHI (π)

Beberapa cerita sejarah penemuan nilai 'pi' sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Sebuah tablet Babylonia kuno yang ditemukan antara 1900 - 1680 SM menuliskan nilai pi sebagai 3,125. Beberapa bukti sejarah juga menerangkan tentang orang Babylonia yang menghitung luas dari sebuah lingkaran dengan rumus "3 kali kuadrat dari radiusnya". Berbeda dengan bangsa Mesir kuno yang menghitung luas lingkaran menggunakan rumus [(8D)/9]2, di mana "D" adalah diameter lingkaran. Rumus ini memberikan sebuah perkiraan bahwa nilai pi adalah 3,1605.

Seorang ahli matematika kuno bernama Archimedes dari Syracuse yang hidup antara 287 - 212 SM mengambil nilai phi berdasarkan luas dari poligon biasa yang berada di dalam lingkaran dan luas dari sebuah poligon biasa tersebut dibatasi oleh lingkaran. Kemudian mulai abad ke-15, algoritma baru yang didasarkan pada deret tak terhingga mengubah cara perhitungan nilai pi. Isaac Newton, Leonhard Euler, Carl Friedrich Gauss, Srinivasa Ramanujan, Madhava dan banyak matematikawan lain menggunakan cara ini dalam usahanya menemukan nilai pi.

                                             




Pada tahun 1706, seorang matematikawan dari Inggris bernama William Jones memperkenalkan abjad Yunani phi (π) untuk mewakili nilai yang dikatakan. Namun, pada tahun 1737, Euler resmi mengadopsi simbol ini untuk mewakili bilangan. Pada tahun 1768, Johann Lambert membuktikan nilai Phi adalah sebuah bilangan irasional, dan pada tahun 1882, seorang matematikawan terkenal bernama Ferdinand Lindemann membuktikan Phi adalah bilangan yang sulit dipahami. Dilanjutkan oleh seorang pengusaha dari Amerika Serikat yang menerbitkan buku pada pada tahun 1931 untuk mengumumkan bahwa nilai pi adalah 256/81. Dikatakan olehnya jika digit desimal pi dicetak maka panjangnya akan terbentang dari kota New York City sampai ke Kansas.

Seorang Ahli Matematika Jerman, Ludolph van Ceulen, mendedikasikan seluruh hidupnya untuk menghitung 35 tempat desimal pertama phi. Lalu John Machin memperkenalkan suatu rumus untuk menghitung nilai phi, yaitu : π = 4 * arc tan (1 / 5) - arc tan (1 / 239). Ia menghabiskan waktu sekitar 70 jam untuk menghitung 2.037 tempat desimal phi menggunakan ENIAC (Electronic Numeric Integrator and Computer).

                                         

Kemudian seorang profesor di Universitas Tokyo bernama Yasumasa Kanada menemukan 6442450000 tempat desimal Phi menggunakan komputer. Perhitungan ini membutuhkan waktu sekitar 116 jam. Wow. Baru pada abad ke-20 dan ke-21, para matematikawan dan ilmuan komputer menemukan pendekatan baru yang apabila digabungkan dengan daya komputasi komputer yang tinggi, mampu menemukan nilai pi sampai tingkat ketelitian lebih 10 triliun (1013) digit desimal.

Karena definisi nilai phi berhubungan dengan lingkaran, banyak rumus dalam matematika, sains, dan teknik yang menggunakan phi. Pada saat belajar rumus-rumus trigonometri dan geometri yang menyangkut lingkaran, elips, dan bola, disitu akan anda dapati konstanta pi. Selain di bidang matematika konstanta pi juga ditemukan pada rumus-rumus bidang ilmu lainnya seperti kosmologi, termodinamika, mekanika, fraktal, dan elektromagnetisme.


Vidio tentang nilai Phi: https://www.youtube.com/watch?v=7PYKMGy_3aM

Sumber:
https://www.matematrick.com/2017/02/nilai-phi-dalam-matematika-sejarah-dan.html



#dodi_a111



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Statistik Quick Count

Quick Count atau hitung cepat adalah metode penghitungan suara dalam suatu pemilihan (seperti pemilihan umum, pemilihan kepala daerah, atau pemilu lainnya) yang dilakukan dengan cara mengambil sampel suara dari tempat pemungutan suara (TPS) secara acak dan menghitung hasilnya secara cepat. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran awal hasil pemilihan dalam waktu singkat, jauh sebelum hasil resmi diumumkan oleh penyelenggara pemilu. Pola perhitungan quick count menggunakan pendekatan statistika untuk mengambil sampel yang representatif dari populasi suara di seluruh tempat pemungutan suara (TPS). Berikut adalah tahapan dan pola dalam perhitungan quick count: 1. Penentuan Sampel TPS Pemilihan TPS Secara Acak TPS yang akan dijadikan sampel dipilih menggunakan metode acak (random sampling) atau metode sampling tertentu, seperti stratified random sampling . Representatif : Sampel dipilih sedemikian rupa sehingga mewakili distribusi geografis, demografis, dan karakteristik pemilih secara...

PROBABILITAS

Probabilitas adalah cabang matematika yang mempelajari peluang suatu peristiwa terjadi. Probabilitas sering digunakan dalam berbagai bidang seperti statistik, sains, bisnis, dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat keputusan berdasarkan ketidakpastian. Konsep Dasar Probabilitas Ruang Sampel (Sample Space, S S S ) Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan. Contoh: Dalam pelemparan dadu, S = { 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 } S = \{1, 2, 3, 4, 5, 6\} S = { 1 , 2 , 3 , 4 , 5 , 6 } . Peristiwa (Event, E E E ) Peristiwa adalah himpunan bagian dari ruang sampel yang mewakili hasil-hasil tertentu. Contoh: Peristiwa mendapatkan bilangan genap pada dadu, E = { 2 , 4 , 6 } E = \{2, 4, 6\} E = { 2 , 4 , 6 } . Probabilitas Suatu Peristiwa ( P ( E ) P(E) P ( E ) ) Probabilitas suatu peristiwa adalah ukuran peluang terjadinya peristiwa tersebut, dan dinyatakan sebagai: P ( E ) = Jumlah kejadian yang mendukung peristiwa  E Jumlah semua...

STATISTIK INFERENSIAL

Statistik inferensial adalah cabang statistik yang digunakan untuk membuat kesimpulan atau prediksi tentang populasi berdasarkan data sampel. Jika Anda kesulitan menemukan materi tentang topik ini, berikut adalah beberapa poin penting yang bisa menjadi panduan: Konsep Utama Statistik Inferensial Populasi dan Sampel : Populasi: Seluruh individu atau item yang menjadi fokus penelitian. Sampel: Subset dari populasi yang digunakan untuk analisis. Parameter dan Statistik : Parameter: Nilai yang menggambarkan karakteristik populasi (misalnya, rata-rata populasi, μ \mu μ ). Statistik: Nilai yang dihitung dari sampel (misalnya, rata-rata sampel, x ˉ \bar{x} x ˉ ). Distribusi Sampling : Distribusi probabilitas dari statistik sampel. Contoh: Distribusi rata-rata sampel. Inferensi : Estimasi : Estimasi Titik: Menghasilkan satu nilai (contoh: rata-rata sampel sebagai estimasi rata-rata populasi). Estimasi Interval: Memberikan rentang nilai (contoh: interval kepercayaan). Uji Hipotesis : Hipotesis ...